Hukum

Sidang Sengketa Pilbup Luwu Digelar Usai Lebaran

Admin | Jumat, 11 Oktober 2013 - 06:22:34 WIB | dibaca: 783 pembaca

Sidang Sengketa Pilbup Luwu Digelar Usai Lebaran | MetroWalmas.com - Jakarta, Mahkamah Konstitusi (MK) nampaknya baru akan mengagendakan sidang perdana sengketa Pilkada Kabupaten Luwu pasca lebaran haji nanti. Sebagaimana disampaikan kuasa hukum pemohon, Syahrir Cakkari, Rabu, 9 Oktober, kemarin, jika pihaknya mengaku belum juga mendapat konfirmasi soal jadwal sidang perdana kliennya dari MK.

''Sampai hari ini (Rabu, kemarin) kami belum menerima jadwal sidang dari MK. Dan kemungkinan setelah lebaran baru akan diregister,'' ucapnya saat dihubungi Palopo Pos.

Gugatan terhadap hasil Pilkada Kabupaten Luwu telah dimasukkan ke MK, Senin 29 September lalu. Hingga saat ini gugatan tersebut belum juga mendapat nomor registrasi perkara dari MK.

''Lasimnya, kebiasaan dari MK baru akan meregister suatu gugatan maksimal tujuh hari pasca dimasukkannya gugatan kebagian penerima berkas perkara konstitusi,'' jelas Syahrir.

Ditambah dengan adanya persoalan internal di MK yang saat ini sedang membelit, dipastikan konsentrasi dari kesekjenan yang mengurus perkara akan terbagi. Sehingga atas pertimbangan tersebut, berkas perkara gugatan Pilkada Luwu belum juga teregistrasi.

Namun, dengan adanya tenggang waktu seperti sekarang ini, pihak BAIK sendiri menanggapi sebagai kesempatan yang terbaik untuk memperkuat dan mempersiapkan gugatan dalam persidangan nantinya.

''Kami justru bersyukur dengan adanya kelonggaran waktu, yang bisa kami gunakan untuk lebih memperkuat alat bukti dan saksi yang dipersiapkan saat persidangan nanti,'' tambahnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum KPU Luwu, Mappinawang kepada Palopo Pos, Rabu, 09 Oktober kemarin mengatakan tertundanya sejumlah agenda sidang di MK karena adanya persoalan yang terjadi di MK.

''Seharusnya pimpinan sidang atau ketua majelis ada tiga, hanya saja karena ada satu yang bermasalah sehingga praktis sisa dua. Sehingga mereka secara bergiliran memimpin sidang akibatnya sejumlah pihak yang mendaftarkan gugatan harus menunggu jadwal sidang. Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari MK,'' tuturnya.

Ketua KPU Luwu, HA Padellang memprediksi jika jadwal sidang nantinya pasca lebaran. Pihaknya mengacu kepada jadwal sidang yang telah ditetapkan oleh MK di Pilkada Wajo. Menurut HA Padellang jadwal sidang untuk Pilkada Wajo pada tanggal 16 Oktober mendatang.
''Kemungkinan besar jadwal sidang antara 16 Oktober atau 17 Oktober. Sebab, pilkada Wajo yang registrasi gugatannya hampir sama dengan Pilkada Luwu ditetapkan pada 16 September. Yang jelas, pengumuman kepastian sidang ada pekan ini, paling lambat Jumat sudah keluar,'' katanya.

Untuk diketahui, pasca penetapan KPU Luwu tentang keputusan hasil Pemilukada Luwu yang memenangkan pasangan Cakka-Amru. Pasangan Basmin Mattayang dan Syukur Bijak kemudian mengajukan gugatan ke MK karena menilai ada banyak kecurangan dalam proses Pilkada Luwu. (plpp)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



(Masukkan 6 kode diatas)

** Mohon Maaf!!! Untuk saat ini fasilitas komentar di NON-AKTIFKAN, karena meningkatnya komentar SPAM. Silahkan berkomentar Via Facebook. Mohon Maaf atas ketidaknyamanan ini. Terima Kasih.